Kamis, 06 Juni 2013

Paper Muhammad Rusli

LANDASAN TEORI

2.1 Sekam Padi
2.1.1 Pengertian Sekam Padi
Sekam padi adalah suatu limbah organik yang dihasilkan dari kulit padi. Yang sebelumnya melalui proses-proses tertentu, diantara proses tersebut adalah melalui proses penggilingan dan melalui proses penumbukan.

2.1.2 Karakteristik Dan Fungsi Sekam Padi
Karakteristik yang di miliki sekam padi adalah sangat ringan (Berat Jenis = 0,2 kg/l), kasar sehingga sirkulasi udara tinggi (banyak pori). Dan fungsi sekam padi antara lain adalah, dapat menahan air berkapasitas tinggi, dan berwarna coklat kehitaman sehingga dapat mengabsorbsi sinar matahari dengan efektif, serta mempunyai kandungan unsur kimia yang dapat mengurangi pengaruh penyakit, khususnya bakteri .

2.1.3 Kandungan Sekam Padi
Sekam padi mengandung unsur N sebanyak 1 % dan K 2 %, berdasar analisis Japanese Society for Examining Fertilizer and Fodders, komposisi arang sekam paling banyak mengandung senyawa SiOz sebanyak 52 % dan unsur C sebanyak 31 %. Komposisi lainnya adalah Fe203, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu dalam jumlah yang sangat kecil, juga mengandung bahan-bahan organik. Sedangkan menurut analisis Suyekti (1993) sekam bakar mengandung N 0,32 %, P 0,15 %, K 0,31 %, Ca 0,96 %, Fe 180 ppm, Mn 80,4 ppm Zn 14,10 ppm dan pH 6,8. Soepardi (1983) mengemukakan bahwa kadar kalium dalam abu sekam lebih kurang sama dengan 30 % K2O .




2.2 Pertumbuhan dan Perkembangan
2.2.1 Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah penambahan ukuran, jumblah dan isi sel yang bersifat permanaen dan lirifreksible, dapat di ukur atau bersifat kuantitatif

2.2.2 Perkembangan
Perkembangan adalah peruses perubahan fungsi menjadi pendewasaan atau penuaan, bersifat kuantitatif, di tandai dengan adanya perubahan fungsi atau kemampuan melakukan aktifitas fisiologis.

2.3 Budidaya Tanaman Hias
Tanaman hias memiliki banyak ragam dan banyak pula jenisnya. Tanaman hias dibagi menjadi dua jenis, yaitu tanaman hias air dan tanaman hias darat.

1.3.1 Tanaman Hias Air
Tanaman hias air adalah tanaman yang hidupnya di air, dan media tumbuhnya memerlukan air. Belakangan ini, trend tanaman hias air sedang naik daun, beragam jenis tanaman hias diperkenalkan sebagai alternatif dalam pengunaan pembuatan taman. Untuk memudahkan dalam pengenalan jenis tanaman hias air dikelompokan menjadi tanaman hias air bunga dan tanaman hias air daun.
Tanaman hias air bunga yaitu tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang menarik. Semarak warna bunga membuat tanaman hias semkin indah dipandang. Selain bunga, bentuk daunpun memiliki peranan penting pada beberapa tanaman hias, bentuk daun ada yang bulat, oval, dan beberapa bentuk daun lain yang tak kalah menariknya. Warna pada daunpun tidak terbatas, ada yang berwarna hijau, kuning, ungu, merah, dan masih banyak warna-warna lain yang terdapat pada tanaman hias.
1. Tanaman hias air berbunga indah

1. Bunga eceng gondok
bunga eceng gondok ini berwarna ungu, jenis bunga ini tidak membutuhkan tanah sebagai media tanamnya, dan makananya didapat dari air.

2. Bunga teratai
Bunga teratai ini memiliki bunga yang sangat variatif. Ungu, merah, kuning, dan putih merupakan beberapa jenis warna yang banyak kita jumpai. Tanaman ini tumbuh dari dasar kolam.

3. Lotus
Bunga lotus berukuran cukup besar, berwarna oranye atau putih. Tanaman ini membutuhkan jumlah cahaya yang cukup banyak untuk pembentukan bunganya.


2. Tanaman hias air berdaun indah

1. Kupu-kupu
tanaman ini tidak membutuhkan tanah sebagai media tanamnya. Pertumbuhanya sangat cepat sehingga dalam waktu singkat dapat menutupi seluruh permukaan kolam.

2. Antanan ( pegegan air )
Disamping memiliki bentuk daun yang indah, tanaman ini juga menampilkan bunga yang cukup menarik, berwarna putih kehijauan. akan terlihat kompak bila sudah memiliki daun banyak


3. Kolocasia
Bentuk daunya yang seperti hati dan melebar memberikan daya tarik tersendiri. Warna ungu pada tangkai daun dan tulang daunpun memberikan warna kontras pada helaian daun.

1.3.2 Tanaman Hias Darat
Tanaman hias darat adalah tanaman hias yang hidupnya di darat (tanah), dan media tumbuhnyapun memerlukan tanah. Karena cadangan makanannya terdapat dalam tanah. Tanaman hias darat tak kalah pentingnya dalam memperindah taman kita, dan tanaman hias darat mempunyai beberapa kelompok seperti halnya tanaman hias air, antara lain: berdaun indah, berbatang indah, dan berbunga menawan.
Tanaman hias berbatang indah inilah yang menjadi pembeda dari tanaman hias air. Jika tanaman hias air hanya memamerkan daun dan bunga yang indah, sebaliknya tanaman hias darat tidak hanya memamerkan keindahan daun dan bunganya saja melainkan batangnya pun berperan penting dalam memperindah taman. Beberapa contoh keindahan yang dimiliki tanaman hias darat berbatang indah ini antara lain : berberntuk bulat, berbentuk lonjong, berliku-liku dan masih banyak pula bentuk yang lain yang ia miliki.

3.Tanaman hias darat berbatang indah
Adenium
disamping memiliki bentuk batang yang besar dan indah, tanaman ini juga menampilkan bunga yang cukup menarik di pan dang mata. Berwarna merah dan putih. Adenium akan terlihat indah jika batangnya sudah membentuk.



BAHAN DAN METODE PENELITIAN

Untuk mengetahui sekam padi dan pengaruhnya pada pertumbuhan tanaman hias maka penulis melakukan penelitian. Dengan keterangan sebagai berikut.
3.1 Tempat
Penulis melakukan penelitian dilingkungan Pondok Pesantren Modern Assa’adah, tepatnya didepan asrama asyifa.

3.2 Waktu
Penelitia dilakukan mulai tanggal 9 Desember 2008 sampai dengan tanggal 10 Januari 2009 atau sekitar 33 Hari

3.3 Alat Dan Bahan
1) Pot berukuran sedang 3 buah
2) Buji tanaman hias Adenium
3) Sekam padi
4) Tanah humus
5) Air

3.4 Langkah Kerja
1) Siapkan 3 pot lalu beri tanda di setiap pot dengan tanda A, B, C, setelah ketiganya siap masukan masing masing pot gengan sekam, tanah humus, biji tanaman hias (Adenium). Masing masing pot mempunyai perbandingan yang berbeda, untuk pot yang pertama siapkan 4gr tanah humus, 2gr sekam lalu di campur rata setelah semuanya rata maka masukan 4 biji tanaman hias (Adenium). untuk pot yang kedua perlakuan sama hanya saja untuk sekam di tambah dari 2gr menjadi 4gr. Tempatkan pada tempat yang cahaya matahari nya cukup, lalu sirami denga air 2 kali sehari (pagi dan sore) atau minimal 1 kali sehari.


3.5 Hasil
Untuk memudahkan penbaca dalam memahami karya ilmiah ini maka penulis menyajikan dalam bentuk tabel, untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut.

PERLAKUAN TINGI TANAMAN RATA RATA
1 2 3 4
A 2,1 2,6 3,2 3,6
B 2,4 2,7 4,2 5,9


3.5 Pembahasan
Dari hasil yang didapat pada tabel diatas, dapat di ketahui bahwa dalam pot A yang menggunakan perbandingan 4gr tanah, 2gr sekam dan 4 biji tanaman hias (adenium) ternyata hasilnya kurang baik. Lain halnya dengan pot B yang menggunakan perbandingan yang sama antara tanah dan sekam yaitu 4gr, mendapatkan hasil yang baik. Dari sini dapat di tarik kesimpulan bahwa sekam padi dapat dijadikan sebagai alternatif penganti pupuk.



PENUTUP

Setelah melalui urian dan pembahasan yang panjang pada bab – bab sebelumnya ada beberapa hal yang penulis rasa perlu untuk dijadikan sebagai landasan yaitu kesimpulan dari bab – bab sebelumnya agar pembaca dapat lebih mudah untuk memahami pembahasan pada karya ilmiah ini.

5.1 Kesimpulan
1. Pengertian sekam padi adalah suatu limbah organik yang dihasilkan dari kulit padi. Yang sebelumnya melalui proses-proses tertentu, diantara proses tersebut adalah melalui proses penggilingan dan melalui proses penumbukan.

2. Setelah diadakan penelitian tenyata sekam padi dapat berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman hias dan dapat mempengaruhi kesuburan tanaman hias, karena pada sekam padi terdapat zat dan unsur makro ataupun mikro yang dibutuhkan oleh tanaman dalam peroses pertumbuhan dan prkembangan.

5.2 Saran
Sudah saatnya kita bangkit dari keterpurukan, kita sebagai bangsa indonesia yang sudah dikenal dan dicap "malas" dan tidak pernah berpikir rasional kedepan. Kini saatnya, kita memanfaatkan otak yang kita miliki untuk hal-hal yang bermanfaat yaitu dengan mengamati benda benda di sekeliling kita dan berfikir bagai mana menyulap benda tersebut menjadi benda yang bermanfaat, berharga dan memiliki nilai ekonomi. Contoh kecilnya limbah hasil dari pengilingan padi yang sering kita sebut sekam padi. Benda yang kita anggap tak memiliki manfaat dan nilai ekonomi, jika kita dapat mengaplikasikanya dalam sektor pertanian. Maka dari itu jangan pernah merasa malu dan engan untuk mencari terobosan baru. Jangan menganggap remeh sesuatu walaupun benda tersebut tidak memiliki unsur keistimewaan. Latihlah otak kita untuk berfikir kedepan dan ciptakanlah revolusi yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar