Kamis, 06 Juni 2013

Paper Neni Nuraeni

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman modern seperti ini, di setiap lembaga pendidikan menginginkan lembaganya keunggulan pula. Untuk meraih keinginan itu lembaga pendidkan menerapkan disiplin untuk lebih baik atau lebih unggul dan menginginkan peserta didiknya memiliki mengatur peserta didik dalam peroses belajar mengajar.

Begitu pula dengan lembaga pendidikan di pondok pesantren modern Assa’adah, mempunyai disiplin untuk mendisiplinkan santrinya dalam peroses belajar mengajar. Di pondok pesantren modern Assa’adah juga menginginkan santrinya berdisiplin dengan baik di kehidupan sehari-hari, karena disiplin juga sangat penting bagi diri sendiri atau pun bagi orang lain. Disiplin juga penting di masa sekarang atau di masa yang akan datang, yang nantinya akan terjun langsung di masyarakat umum , tetapi selain itu, penerapan disiplin yang di terapkan di pondok pesantre modern Assa’adah salah satunya untuk mewujudkan visi misi ‘’ASSA’ADAH EMAS 2012’’ [esencial, modern, active, spiritual].

Dengan rasa ingin tahu, apakah disiplin yang diterapkan ada dampaknya? Maka dari itu penulis mfngangkat judul tersebut dalam karya ilmiah dengan judul’’EFEKTIVITAS PENERAPAN DISIPLINPONDOK TERHADAP PRILAKU SANTRI’’

1.2 Rumusan Masalah
Dalam karya ilmiah yang berjudul’’Efektivitas Penerapan Disiplin Pondok Terhadap Prilaku Santri’’ penulis merumuskan masalah sebagai berikut ;

1. Adakah dampak positif dari penerapan disiplin?
2. Dan adakah dampak negatif dari penerapan disiplin?

1.3 Hipotesis
Penulis mengira sementara bahwa penerapan disiplin memiliki dampak positif dan negatif.


1.4 Tujuan Penulisan
Penulisan masalah’’Efektivitas Penerapan Disipin Pondok Terhadap Perilaku Santri’’ di maksudkan untuk mengetahui dampak positif dan negatif disiplin bagi santri.

1.5 Metode Penulisan
Untuk memudahkan penulisan mengenai dampak disiplin terhadap perilaku santri. Penulis menggunakan studi pustaka dan penelitian lapangan. Penulis menggunakan teknik ini untuk memperoleh data yang lengkap.

1.6 Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan kejelasa yang konkrit dalam karya ilmiah ini, maka penulis menyusun sistematika penulisan sebagai berikut;

Bab 1 Adalah pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, ruumusan masalah hipotesis tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.

Bab 11 Adalah tinjauan pustaka yang terdiri pengertian displin, panca jiwa pondok, moto pondok, dan pengendali displin santri.

Bab 111 Adalah metode penelitian yang terdiri dari populasi dan sampel, cara
penambilan data dan waktu penelitian.

Bab 1V Adalah hasil dan pembahasan.


2.2 Panca Jiwa Pondok
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaan
3. Berdikari
4. Ukhuah Islamiyah
5. Kebebasan
Panca adalah lima
Jiwa adalah ruh yang ada dalam tubuh dan menyebabkan manusia hidup.

2.3 Motto Pondok
1. Berakhlakul karimah
2. Berbadan Sehat
3. Berpengetahuan Luas
4. Berpikiran Bebas

2.4 Visi Misi Pondok

Visi Assa,adah yaitu Assa,adah EMAS;
 Esencial
 Modern
 Active
 Spiritual

Misi Assa,adah yaitu;
 Menyiapkan peserta didik yang bertakwa kepada Allah SWT dan berahklak mulia.

 Menyiapkan peserta didik yang berwawasan global dalm ilmu pengetahuan dan berorentasi pada masyarakat.

 Menyelanggarakan proses belajar mengajar yang tepat, efektif, efesien dan menyenangkan.

 Menyelenggarakan pembinaan kesiswan dan keasramaan yang demokratis,
kekeluargan dan mendidik.

 Menerapkan system manajemen kualitas terpadu pada proses kegiatan belajar dan pembinaan karakter peserta didik.

2.5 Macam-macam Disiplin
Macam-macam disiplin yang ada di pondok pesantren modern Assa’adah dan di bentuk dalam bagian-bagian sebagai berikut;

1.Bagian Ketertiban
Bagian ketertiban bertanggungjawab untuk menegakan dan memelihara disiplin santri dengan sebaik-baik, dan bertanggungjawab atas keamanaan pondok.

2.Bagian Bahasa
Bagian bahsa bertanggungjawab atas disiplin bahasa , bahasa yang di terapkan di pondok pesantren modern Assa’adah yaitu bahasa Arab dan bahasa inggris.

3.Bagian Ubudiyah dan Pengajara
Bagian ubudiyah dan pengajaran bertanggungjawab dalam hal beribadah dan bertanggungjawab dalam proses belajar.

4.Bagian Kebersihan dan kesehatansss
Bagian kebersihan dan kesehatan bertanggungjawabuntuk mendisiplinkan santri dalam memelihara keberihan lingkungan pondok dan mengupayakan terpliharanya santri.
Macam-macam disiplin tersebut wajib di patuhi oleh santri dan bagia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar